Gender dan Islam I

Sesi I
Tujuan
Peserta mampu memahami bahwa Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan, persamaan, keadilan, dan kebebasan berbasis gender
Peserta mengetahui masalah-masalah gender dalam Islam.
APA ITU GENDER ?
Akar Penyebab Diskriminasi
Apakah yang dimaksud dengan Islam sebagai rahmatan lilalamin?
Penguatan (10’)
Nilai-nilai dasar Islam yang mendorong kesetaraan dari al-Qur’an dan Hadis
 Tauh{ilah) (QS. an-Nah{l [16]: 90)
 Kesetaraan (musa>wa) (an-Nah{l: 97,[2]: 187)
 Persaudaraan (ukhuwwah) (QS. al-H{ujura>t [49]:10)
 Moderat (tawa>suth) (QS. al-Baqarah: 143)
 Toleran (tasa>muh{) (QS. al-Muja>dalah[58]: 11)

Lanjutan…
7. Penghormatan (tahiyyah) (QS. An-Nisa’:86)
8. Seimbang (tawa>zun)(al-Ahzab: 35)
9. Saling menolong (ta’a>wun) (QS. Al-Ma’idah [5]: 2)
10. Anti kekerasan dan Pengrusakan (mashlahah)(QS. Al-Anfal [8]:1; al-Maidah [32]: 32)
11. Pantang menghina, merendahkan atau memberi label negatif (taskhif [7]: 172)
2. Terlibat dalam kisah turunnya Adam (QS. A







  • n [3]: 195)
    3. Hamba Allah (QS. adz-Dza>ria>t [51]: 56)
    4. Khalifah Allah (QS. al-An’a>m [6]: 165 dan al-Baqarah [2]: 30)
    5. Berpotensi meraih prestasi (QS. al-Baqarah [2]: 35, al-A’ra>f: 20)
    Prinsip Adil Gender dalam al-Qur’an
    Persamaan asal usul penciptaan (QS. an-Nisa>’: 1)
    Setara, kecuali karena kualitas taqwanya (QS. al-H{ujura>t: 13)
    Persamaan beban dan tanggungjawab untuk mewujudkan kehidupan yang baik (haya>tan thayyibah) dengan kerja-kerja positif (‘amalan sha>lih{a) (QS. an-Nah{l: 97)
    Kemitraan yang setara (QS. at-Taubah: 71)
    Persamaan penghargaan di mata Allah (QS. al-Ah{za>b:35)
    Lanjutan
    Saling menjadi pelindung (QS. al-Baqarah: 187)
    Indepedensi ekonomi perempuan (QS. an-Nisa>’: 21)
    Prinsip kerelaan dalam relasi suami-istri (QS. al-Baqarah: 232)
    Saling berbuat/memperlakukan dengan baik (QS. an-Nisa>’: 19)
    Kerelaan dan musyawarah dalam keluarga (QS. al-Baqarah: 233)
    Perwujudan kedamaian dan cinta kasih dalam keluarga (QS. ar-Ru
    Refleksi (5’)
    Reflection
    Peserta diminta untuk mengungkapkan perasaannya setelah menerima materi ini.
    Peserta diminta mengungkapkan problem relasi gender yang sulit diubah di masyarakat.
    Peserta diminta memberikan saran, pendapat, dan komentar terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
    TERIMA KASIH