Sugarsync : Simpan Data Online

Anda bekerja di lebih dari satu komputer dan ingin file Anda tersinkronisasi satu sama lain sehingga flashdisk tak lagi dibutuhkan? Lebih baik lagi, inginkah Anda bisa akses file Anda dari Android, Blackberry, atau iPhone Anda? Inginkah Anda bisa berbagi file berukuran lebih dari 100mb dengan cara yang lebih handal ketimbang email?
Maka Anda membutuhkan SugarSync.
SugarSync merupakan penyedia penyimpanan online yang memungkinkan anda menyimpan file data berupa dokumen, foto, lagu, video, dan file-file lainnya dalam berbagai macam format ekstensi. SugarSync akan sangat berguna bagi anda yang bekerja dengan banyak media: laptop, mobile, serta PC, sehingga kesemuanya akan dapat tersinkronisasi lewat penyimpanan online.
Awal bulan ini saya mendapat email dari mahasiswa yang mengalami masalah dengan komputernya sehingga data pentingnya hilang. Untung saja ada SugarSync.

Apakah bisa diselamatkan? Tentu saja bisa! Itu lah gunanya online backup SugarSync. Biarpun data Anda terhapus secara sengaja atau tidak, Anda masih bisa mendapatkannya di SugarSync.


Salah satu keunggulan SugarSync adalah dalam kesederhanaannya, SugarSync menawarkan streamline antarmuka yang membuat navigasi dari semua fitur dan kemampuannya menjadi mudah digunakan. Keunggulan lain dari SugarSync adalah pada segmen mobile dimana sugarSync mensupport iPhone, Blackberry, Android, dan Windows Mobile.
Anda terbiasa mengirim file dengan email? Bagaimana dengan file berukuran di atas 25 Mb? Dengan SugarSync, Anda bahkan bisa berbagi file kepada teman berapapun ukurannya! Itu artinya jika Anda hendak berbagi album foto dengan ukuran total 4 Gb, Anda bisa! Plus, Anda tidak perlu dikhawatirkan dengan putusnya koneksi internet. SugarSync bekerja di latar belakang, Anda tidak perlu melakukan aktivitas browse file setiap kali hendak membackup atau mengirimkan file; yang perlu Anda lakukan tinggal meletakkan file di folder tersinkronisasi, selanjutnya Anda tinggal menunggu.
GAMBARAN MANFAAT
  • Dengan SugarSync, Anda bisa mem-backup seluruh file penting Anda, di mana pun folder Anda berada. Ketika Anda menyimpannya dari komputer Anda di rumah, Anda akan bisa mengaksesnya dari kampus melalui web. Jika Anda memiliki laptop, maka sugarSync bisa memastikan kumpulan file Anda bisa tersinkronisasi di dua komputer Anda. Tak perlu lagi gunakan flashdisk!Backup SugarSync dilakukan secara otomatis: begitu Anda mengeset suatu folder untuk dibackup, maka Anda tinggal meletakkan file di folder tersebut, dan backup akan berlangsung otomatis di belakang layar. Anda tak perlu memanggil browser dan menekan tombol apapun. Tak perlu khawatirkan untuk memutus proses di tengah jalan, SugarSync akan bisa menyesuaikan kecepatan dan keberadaan koneksi internet Anda.
  • Ketika Anda ingin berbagi file dengan teman, dan manakala pengiriman via email merepotkan Anda, maka sugarSync jadi solusi yang baik. Dengan lakukan sharing folder kepada sesama pengguna sugarSync, Anda cukup letakkan file Anda di folder sinkronisasi, berapapun ukurannya, dan secara otomatis rekan Anda akan menerima seluruh file di folder tersebut.
  • Anda ingin mengakses seluruh dokumen kerja Anda melalui perangkat mobile Anda. Anda ingin editing yang Anda terapkan pada dokumen tersebut juga tersinkronisasi dengan file di komputer Anda. Ini bisa dilakukan dengan SugarSync.
  • Kepada yang bukan jadi pengguna sugarSync, Anda bisa berbagi tautan unduh untuk file yang Anda simpan di sugarSync.
  • Anda memiliki banyak file yang ingin Anda arsipkan tapi Anda tak ingin memenuhi isi harddisk Anda. Maka letakkan saja seluruh file itu di sugarSync web archive.

Kelebihan SugarSync daripada Dropbox:
  1. DropBoxDengan akun gratis, Anda mendapat 5Gb dengan SugarSync dan hanya 2 Gb dengan Dropbox
  2. Dengan SugarSync, Anda bisa membackup folder manapun di komputer Anda sementara DropBox hanya membatasi pada satu folder saja.
  3. Dengan SugarSync, Anda bisa mengirimkan email untuk bisa langsung masuk ke ruang simpan Anda
  4. Dengan SugarSync, Anda bisa lakukan beberapa aktivitas editing terhadap file-file Anda (meski terbatas)
  5. Komparasi lebih jauh bisa dilihat di sini
Kelebihan DropBox? DropBox support Linux, SugarSync tidak. Seringkali DropBox juga bisa bekerja lebih cepat daripada SugarSync.
F I T U R
  1. Mendukung berbagai macam platform komputer dan platform gadget. Bagi anda yang menggunakan komputer, SugarSync dapat digunakan oleh sistem operasi Windows maupun Mac OS, sedangkan untuk pengguna gadget fasilitas ini dapat digunakan oleh banyak perangkat yaitu Ipad/Iphone, Android, Symbian, Windows Mobile, dan Blackberry.
  2. Kapasitas gratis ruang penyimpanan yang disediakan mencapai 5,5 GB di awal dan dapat ditingkatkan tiap 500 MB bila anda mendapatkan teman lain yang mau diajak bergabung sesuai referensi dari anda.
  3. Dengan menggunakan fasilitas dari SugarSync anda bisa melakukan akses terhadap file-file Anda kapan pun, dimana pun, dari perangkat apapun, secara realtime, tentu saja dengan syarat tersedia koneksi internet.
  4. Secara otomatis perubahan terhadap data-data akan tersinkronisasi secara langsung pada berbagai macam perangkat seperti PC Komputer, Laptop, Ponsel , iPad/iPhone, dan lain sebagainya yang sudah terinstall SugarSync.
  5. Kemudahan pengelolaan data menggunakan sebuah file manajemen yang disebut dengan SugarSync Manager. Ketika anda melakukan instalasi akan tersedia sebuah folder yang disebut dengan Magic Briefcase yang merupakan sebuah folder yang melakukan hal seperti pada poin 4 di atas. Anda juga dapat membuat sebuah folder lain, di luar Magic Briefcase tetapi hanya dapat melakukan sinkronisasi dengan klien lainnya bila anda setting secara manual.
  6. Data akan aman dari kemungkinan proses penyadapan karena secara otomatis akan terenkripsi dengan teknologi 128 bit AES seperti halnya pengamanan data yang digunanakan oleh bank.
  7. Saat ini merupakan satu-satunya penyedia online storage yang menyediakan fasilitas upload melalui email, lewat attachment file.
  8. Jika anda bekerja secara tim dan memiliki beberapa project dengan tim yang jauh dari anda, maka anda bisa menyimpan data project anda di SugarSync sehingga data anda bisa diakses oleh tim anda dimanapun mereka berada.
  9. Version History. Kadang anda menginginkan versi terdahulu dari file anda, dengan SugarSync anda bisa memilih satu dari 5 versi terakhir file anda. Membackup 5 versi dari file anda tentunya akan memakan banyak tempat untuk menyimpannya, namun SugarSync hanya menghitung versi terakhir dari file tersebut.
  10. Digital Photo Album. SugarSync tidak hanya membackup foto Anda, tetapi juga menciptakan galeri online bagi Anda sehingga anda bisa berbagi dengan teman-teman Anda. Anda tidak lagi harus membackup foto Anda ke satu tempat, dan upload lagi tempat lain untuk berbagi dengan mereka. Galeri Foto untuk iPhone memudahkan anda melakukan browsing foto Anda dengan mudah. Karena ini adalah sistem sinkronisasi, maka ketika Anda mengambil foto dengan ponsel Anda dan itu dikirim ke SugarSync, itu juga akan terdownload ke komputer Anda.    akhmadguntar.com