Analisis Soal Pilihan Ganda 50 dan Essay 20 Download

Analisis Soal Pilihan Ganda 50 dan Essay 20 Download. Ketika membuat Analisis Soal Pilihan Ganda dan Essay Download yang berisi Pilihan ganda 25 Soal dan Essay 10 Soal, seoarng teman memberikan masukan agar membuat Analisis Soal Pilihan Ganda 50 dan Essay 20. Maka Jadilah ini.
Ulasannya sama dengan yang kemarin. Bahwa Analisis Sola tujuannya untuk mengetahui seberapa tingkat keberhasilan dalam poses belajar mengajar sesuai dengan tingkat jenjang masing-masing.
Selanjutnya salinan saya buat sama
“Tentunya untuk tingkat dasar, maka criteria keberhasilanpun akan berbeda dengan tingkat menengah. Ada banyak factor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan sesuai dengan tujuan awal yang ingin di capai.
Salah satu hal yang penting adalah pemberian alat ukur yang sesuai terhadap peserta didik, yaitu Soal dengan Kriteria yang baik. Jadi sebelum melihat hasilnya kita harus mempunya soal yang baik sebagai alat ukur yang akurat. Apalah jadinya jika kita mengukur sesuatu apapun juga, sedangkan alat ukur yang kita gunakan belum dapat dipertanggungjawabkan, belum terkalibrasi, belum teruji dan lain sebagainya. Itu semua masih bersifat umum.


Sambil contoh secara umum Kriteria yang baik adalah
1. Validitas
Di dalam buku Encyclopedia of Education yanaag di tulis oleh Scarvia B.Anderson dan kawan-kawan disebutkan: A test is valid if it measures what it perpose to measure, artinya sebuah tes dikatakan valid apabila tes tersebut mengukur apa yang hendak di ukur. Dalam bahasa indonesia “valid” disebut dengan istilah “sahih” (Suharsimi Arikunto,2003:65).


Selanjutnya bisa baca sendiri tentang Validitas

2. Daya Pembeda
Daya beda atau pembeda adalah kemampuan sesuatu untuk membedakan antara pesrta didik A dengan peserta didik B. Dengan soal itu akan bisa memberikan gambaran bahwa peserta didik yang tingkat berhasilnya tinggi dengan peserta didik yang berhasilnya rendah. Atau dengan bahasa yang lain. Ada yang Sangat Pintar, agak pintar, sedang, bodoh, bodoh sekali, bodoh dan bodoh sekali. Maaf bahasa ini tidak boleh digunakan. Ini hanya untuk memperjelas pengertian Daya Pembeda Soal. Carilah ungkapan yang lebih baik, kurang pandai, tidak pandai dan sebagainya.

3. Reliabilitas
Kata reliabilitas dalam bahasa indonesia diambil dari kata reliability dalam bahasa Inggis, berasal dari kata asal reliable yang artinya dapat dipercaya. Tes dikatakan dapat dipercaya (reliabel) jika memberikan hasil yang tetap apabila diteskan berkali-kali.Sebuah tes dikatakan reliabel apabila hasil-hasil tes tersebut menujukkan ketetapan.Dengan kata lain, jika kepada peserta didik diberikan tes yang sama pada waktu yang berlainan, maka setiap peserta didik akan tetap berada dalam urutan( rangking) yang sama dalam kelompoknya tes yang menunjukkan ketetapan maka tes tersebut dapat dipercaya. Suatu soal sebagai alat uji dapat dikatakan mempunyai taraf kepercayaan yang tinggi jika soal tersebut dapat memberikan hasil yang tetap.
4. Tingkat kesukaran
Setiap butir soal tentunya mempunyai tingkat kesukaran atau tingkat kemudahan. Jika soal tersebut 100 % dapat dijawab semua peserta didik, maka soal tersebut tentunya tidak baik. Begitu juga sebuah soal 100% tidak ada yang mampu menjawab.


Tentunya semakin banyak kriterianya, semakin baik. Tapi kadang keterbatasan waktu dan tempat untuk melaksanakan, itu yang menjadi kendala. Nah dari berbagai persoalan diatas, boleh dicoba Analisi soal yang saya buat, mudah-mudahan bisa mempermudah.