Cara rekam aktifitas tampilan layar monitor dengan CamStudio Capture

Kegiatan merekam layar monitor sekarang banyak dilakukan. Banyak manfaat dan tujuan dalam melakukan perekaman tersebut. Ada yang menggunakannnya untuk membuat video tutorial, video demo dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Mungkin dulu sebelum ada software yang mampu merekam aktifitas tampilan layar kedalam bentuk video, kebanyakan masih menggunakan camcorder yang jelas selain tidak praktis, hasilnya juga tidak bagus, terlebih jika monitor yang diambil gambarnya masih menggunakan CRT. Lain dulu lain sekarang, kali ini sobatpc.com akan sharing software gratis yang bisa digunakan untuk merekam aktifitas kegiatan yang tampil dimonitor.
Ada banyak software yang bisa digunakan untuk meng-capture video dari yang berkualitas tinggi sampai yang biasa-biasa saja, dari yang gratis sampai yang berbayar, dari yang khusus untuk video screen shot capture sampai yang menrupakan bagian kecil dari software editing video. Kesemuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Salah satu software yang memang khusus dibuat untuk capture screen shot video adalah CamStudio. Software ini bersifat open source dan bisa didapatkan dengan gratis. Kualitas hasil video dari CamStudio juga cukup baik, tidak kalah dengan software berbayar.
Beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang CamStudio yaitu:
  1. Hasil video capture berformat AVI dan SWF yang bisa dipilih sebelum proses capture screen shot dijalankan.
  2. Ukuran lebar video bisa disesuaikan sesuai dengan lebar media yang ingin direkam. Anda bisa memilih Region (Ukuran bisa ditentukan), Fixed Region (Ukuran dalam pixel), Full Screen (Layar penu).
  3. Mendukung perekam suara ke dalam video. Ada dua input audio yang bisa dipilih, apakah merekan dari microphone atau dari audio system keluaran komputer/notebook.
Jika menginginkan kualitas video yang lebih sempurna lagi, anda bisa download Lossless Codec yang memang disediakan oleh developer CamStudio sebagai tambahan capture video. Caranya cukup dengan download codec dan install ke komputer.
Penggunaaanya pun cukup mudah, tinggal menjalankan aplikasi ini kemudian klik tombol warna merah (Record) untuk mulai merekam video dari screen shot. Jika sudah selesai tekan tombol stop dan masukkan nama file dari hasil rekaman. Jika ingin menggunakan tampilan full screen, cukup dengann klik menu Region kemudian pilih Fixed
Link downloads:
  1. Cam Studio versi 2.0 : http://www.camstudio.org/CamStudio20.exe
  2. Lossless CamStudio Codec : http://camstudio.org/CamStudioCodec14.exe
  3. Jika ingin mengunjungi situsnya langsung bisa ke sini http://camstudio.org
Ingin mencobanya? Segera download dan gunakan untuk merekam screen shot pada layar komputer/notebook anda.