Cara Hemat Baterai dan Pulsa Ponsel Android

Tips Menghemat Baterai Ponsel Android1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan lagi.
Ponsel ini memang mempunyai fungsi multitasking, sehingga pengguna dapat menjalankan satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa harus mematikan aplikasi sebelumnya. di satu sisi memang bagus, namun jeleknya aplikasi yang masih berjalan ini juga memakan energi, meski tidak digunakan.
Untuk mematikan aplikasi yang tidak digunakan di ponsel Android, anda bisa melakukannya secara manual dengan mematikannya satu-satu. Namun, Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti ‘Advanced Task Killer’ untuk mematikan, atau menyortir aplikasi mana yang ingin ‘dibunuh’.
Selain itu, ada aplikasi lain bernama ‘Battery dry to Save Battery’. Aplikasi ini jauh lebih komplit, karena juga memberikan informasi tambahan aplikasi mana saja yang memakan energi besar.
2. Mengurangi kecerahan layar
masuk ke menu ‘setting’, lalu pilih ‘display, setelah atur kontras warna dan rasio kecerahaan.
3. Matikan live wallpaper
Ponsel Android memang sangat keren bila muncul dengan walpaper yang bisa bergerak-gerak. Akan tetapi, sayangnya ini cukup menguras tenaga bagi baterai. ada baiknya Anda cukup mengganti walpaper biasa, untuk mengemat baterai.
4. Mobile Network
Ponsel Android sudah tidak perlu di ragukan lagu kemampuan mengagumkannya untuk menjelajah dunia maya. Tapi bila Anda sedang tidak dalam keadaan online, ada baiknya memang jaringan mobile dimatikan untuk menghemat kondisi.
Tips Menghemat/Mencegah Pulsa Terpotong dengan sendirinya di Ponsel Android
Seperti telah diterangkan diatas (poin 4. Mobile Network) bahwa Ponsel Android memiliki kemampuan menjelajah dunia maya sangat mengagumkan. Tetapi tahukah anda, bahwa fungsi fitur ini akan selalu membuat Ponsel Android anda akan selalu mencoba terhubung dengan Internet meskiput anda tidak dalam keadaan online, jadi jika tidak dalam keadaan membutuhkan koneksi internet sebaiknya fitur ini dimatikan untuk mencegah pulsa terpotong dengan sendirinya tanpa bekas.
Cara Mematikan Auto Connect untuk Wifi Ponsel Android
  1. Masuk ke dalam Menu Setting > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi Auto Connect untuk Wi-Fi atau
  2. Menu Setting > Wireless & Network > Mobile Network kemudian pilih fungsi off.
Trik yang bisa kita lakukan agar hp android kita bisa hemat pulsa.
1. beli paket internet unlimited. nah kalo ini tergantung dari operator seluler masing-masing. silakan tanyakan di call center operator seluler anda tentang paket internet yang mereka sediakan. atau anda juga bisa kunjungi website mereka untuk mencari informasi terkait.
2. matikan fitur mobile data. Di HP android, kita bisa dengan bebas menonaktifkan atau mengaktifkan fitur mobile data seperti 3G/GPRS/HSDPA dsb. Caranyapun cukup mudah. Cukup masuk ke Setting > Wireless & Network > Mobile Networks > hilangkan centang pada Data enable. Untuk Opsi tambahan, coba turunkan scroll ke bawah, anda akan melihat pilihan “use only 2G networks“. Jika anda mengaktifkannya, artinya yang hidup hanya sinyal 2G saja (HSDPA, GPRS, EDGE), alias 3G tidak hidup.
3. padamkan sinkronisasi otomatis. bukan android namanya kalo ketika pertama kali hp anda dihidupkan, dia tidak meminta data login Google Account anda, terutama gmail. Untuk menjaga agar kita selalu mendapat update dari gmail di device android kita, google secara default mengaktifkan fitur sinkronisasi otomatis. Artinya, dengan frekuensi waktu tertentu, android akan melakukan sinkronisasi otomatis ke akun google kita. Dan ini akan menyedot pulsa. Terlebih lagi jika kita sudah menambahkan akun2 lain untuk disinkron, seperti twitter, facebook, dan lain-lain. Maka penyedotan pulsapun akan berjalan dengan amat derasnya :p. Cara memadamkannya adalah dengan masuk ke setting >accounts & sync > jangan centang Auto-sync.
4. waspadai aplikasi online. terkadang ada game atau aplikasi yang kita instal membutuhkan koneksi internet. misalnya seperti aplikasi google maps, twitter, facebook, dan lain-lain. perhatikan dibagian setting aplikasi tersebut. apabila ada pilihan untuk mematikan fitur notifikasi otomatis, maka pergunakanlah sebaik mungkin. misalnya pada aplikasi twitter for android; ada pilihan pengaturan interval waktu untuk notifikasi ada twit atau metion baru. artinya selama interval waktu itu, aplikasi tersebut akan menggunakan internet untuk memeriksa notifikasi untuk kita. dan ini tentu menggunakan pulsa internet. so, pinter-pinter kita aja setting interval alert atau memadamkannya, okey…!
5. manfaatkan wi-fi. jika anda sedang berada di zona free wife, eh… maksud saya free wi-fi (hehe…), manfaatkan dengan sebaik-baiknya. padamkan mobile data (trik no. 2), dan aktifkan fitur wifi yang ada di device android kita. menggunakan wifi untuk keperluan auto-sync, download aplikasi di market, facebook , twitter, dan aktifitas internet lainnya tidak akan menyedot pulsa.
http://techno.internetberitaku.com/tutorial/tips-menghemat-baterai-mencegah-pulsa-terpotong-sendiri-di-ponsel-android/
http://www.syahuri.com/hp-android-boros-pulsa-inilah-cara-hemat-pulsa-android.html/