MGMaps: Peta Offline Google


Secara garis besar, ada dua hal yang perlu kita lakukan di sini:
Membuat Peta Offline , menyimpan file gambar ke dalam PC serta memindahnya ke HP. Untuk melakukan langkah ini, silakan Download Tool berikut.
Map Tile Cache Tool [Download #1] [Alternatif Download]

Menginstall program Peta untuk Handphone Anda untuk membaca file peta yang sudah di download sebelumnya. Silakan download file berikut.
Mobile GMaps [Download #1] [Alternatif Download]
Detail Langkah yang perlu dilakukan:
1. Gunakan perangkat pembuat peta untuk membuat peta yang Anda perlukan
Silakan buka alamat http://www.mapcacher.com/
Cari dan tentukan peta yang ingin Anda buat. Selanjutnya buat empat tanda di peta tersebut dengan meng-klik 4 titik dalam peta. Anda bisa menggeser titik pemandu ini ke lokasi yang lebih sesuai. Atau jika perlu, Anda juga bisa menghapus titik pemandu yang tidak Anda inginkan dengan meng-klik kembali titik tersebut.
http://www.guntingbatukertas.com/wp-content/uploads/2009/11/mgmaps-01-peta-surabaya1.jpg
Setelah empat titik sudah terbentuk, tentukan nilai:
  • Zoom level: (dari 0 – 16 sudah cukup jelas). Sekedar info, Google map memiliki range zoom dari 0 hingga 20. Namun tidak semua lokasi peta mendukung zoom level 20.
  • Level of detail: (fast and rough) sudah cukup
  • Type of map: Pilih sesuai keinginan Anda. Saya lebih sukua “Google Satelite Images with Road Maps Overlayed” agar tampilan peta saya tampak seperti ilustrasi Peta Surabaya di atas.
mgmaps-02-setting-mapcacher
Klik tombol Generate, beberapa saat kemudian Anda sudah bisa mendapatkan file .map. Ingat, simpan dengan ekstensi .map, jangan ubah menjadi ekstensi lain.
2. Download program Mobile Gmapmaker dan Install di PC Anda. Program ini merupakan perangkat yang cukup bagus untuk membuat peta di Windows. Jika Anda menggunakan Linux, Anda bisa gunakan Perl untuk melakukan langkah ini. Gmapmaker dapat Anda download di sini:
[Download Installer]
[Alternatif Download]
[Petunjuk Penggunaan]
[Installer Alternatif (MSI)]
Setelah Anda berhasil download dan install, jalankan Gmapmaker dan tentukan setting-nya berikut ini:
  • Cache Folder = Lokasi penyimpanan file peta hasil download, tentukan sesuai keinginan Anda.
  • Operation Mode = Mgmaps mode, download tiles using a .map file (mode download dengan acuan file .map yang sebelumnya sudah Anda miliki)
mgmaps-03-gmapmaker-download
Selanjutnya, tekan tombol GO. Mgmapmaker akan menanyakan lokasi file .map Anda. Browse dan temukan file .map yang sudah Anda buat dengan langkah pertama di atas. Gmapmaker akan memulai proses download yang mungkin agak lama. Sabar ya..
3. Copy folder cache hasil dari langkah ke-2 di atas ke MicroSD card atau memori internal HP Anda (jika masih cukup). Jika Anda menyimpan file cache di memori HP, MgMaps akan berjalan lebih lancar.
4. Install Mobile Gmaps ke dalam HP Anda. Jalankan Mgmaps. Masuk ke Menu > Setting > Map Browsing > Storage Path, arahkan Cache Folder sesuai dengan folder yang Anda copy dari PC (langkah ke-3).
Tips
Ukuran file hasil download biasanya cukup besar. Oleh karena itu saya tidak menyarankan untuk mendownload peta suatu daerah dalam satu kali download. Anda bisa membuat beberapa file .map untuk suatu daerah agar peta hasil download ditempatkan di beberapa folder yang berbeda. Kita ambil contoh, untuk kawasan Surabaya, Anda bisa bagi wilayah menjadi 4 wilayah. Surabaya bagian utara, bagian barat, tengah, timur dan selatan. Mobile gmaps akan menempatkan keempat kelompok peta ini ke dalam 4 folder yang berbeda. Anda untuk membuka masing-masing peta, Anda tinggal mengubah setting nya di Cache Folder HP Anda. Dengan demikian Mgmaps bisa menampilkan peta dengan lebih cepat.
Penutup
Saat ini saya menggunakan HP tanpa fasilitas GPS, namun dengan program ini, sekarang saya bisa pergi dengan lebih nyaman dengan bantuan peta di genggaman tangan.
Tulisan dalam bahasa asli ada di sini. Semoga bermanfaat.
http://guntingbatukertas.com/software/mgmaps-peta-offline-google-dalam-genggaman-tangan