Backup Data Belajar Blog Belajar Office Cerita Hiburan Hikmah Keajaiban dan Misteri Kesehatan Khotbah Kisah Orang Terbuang Komputer Laptop Handphone Mobil dan Motor Pendidikan Privasi Renungan Suka-suka Trading Forex Trik Internet Uncategories

Bitlocker Drive Encription : Simpan dan Kunci di Window

Bitlocker Drive Encription : Simpan dan Kunci di Window



Semua pengguna komputer pasti memiliki sejumlah file atau berkas komputer yang bersifat penting atau sangat rahasia, baik file yang menyangkut pekerjaan, file yang menyimpan data-data password, file gambar atau video pribadi (untuk hal ini, Penulis no comment). Tentunya tidak mengingikan sejumlah orang dapat menggandakan, menghapus atau bahkan hanya untuk melihat file/berkas yang sangat rahasia tersebut. Ada sejumlah tools diluar sana yang menanti untuk di download oleh Pembaca, tapi tidak semuanya benar-benar aman atau bukan trojan, salah satu cara teraman ialah dengan menggunakan produk keluaran Microsoft itu sendiri, yakni Bitlocker Drive Encription, yang sayangnya hanya terdapat pada OS Windows 7.




Untuk menjalankan dan mengaktifkan fitur ini buka control panel

Jika tampilan yang diperoleh tepat seperti gambar diatas, klik System and Security > Bitlocker Drive Encryption, pilih drive yang ingin di amankan dengan mengklik Turn On BitLocker.


Centang "Use a password to unlock the drive", isi password dan klik next.


Pada pilihan diatas klik untuk membackup password sebagai sebuah file atau untuk dicetak, setelah itu klik next dan tunggu selama sistem mengenkripsi drive yang telah terpilih sebelumnya. Drive saat ini telah terenkripsi dan memiliki password untuk dapat mengaksesnya, sayangnya hal ini hanya berlaku saat Windows pertama kali terbuka atau setelah restart, dan sayangnya tidak ada fitur untuk mengunci otomatis atau untuk mengunci lokal drive yang ada tanpa harus restart atau mematikan komputer dulu, hal ini bisa disiasati dengan membuat sebuah file text dan di isi dengan "manage-bde -lock D: -ForceDismount" ganti D: dengan drive Pembaca yang akan di kunci, pastikan tidak ada tanda petik (") saat menulis didalam text editor. Simpan file ke folder "C:\Windows\System32\" dalam bentuk akhiran berekstensi .cmd, semisal lock.cmd. Tutup tekx editor.

Buka file yang tersimpan tadi pada folder "C:\Windows\System32\", dan create shortcut file yang baru disimpan tadi ke Desktop, hasil shortcutnya klik kanan dan muncul jendela properties, pada tab shortcut klik > Advanced. Jendela Advanced Properties muncul, centang Run as administrator, dan klik Ok.


Saat Pembaca ingin mengunci drive yang telah dibuka sebelumnya, hanya cukup menjalankan file shortcut yang telah dibuat sebelumnya. Selamat mencoba!.

Catatan : Bit Locker Encryption hanya bisa mengunci sebuah drive bukan folder, jadi disarankan taruh semua berkas yang ingin dilindungi kedalam 1 folder yang ingin di kunci.

Artikel Terkait




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by MasMuhtar, Published at 17:09 and have 2 komentar

2 comments:

fallasky Hirarky said...

Assalammuallaikum

mas saya mau tanya jika bitlocker nya eror tidak dapat menampilkan data yang ada dalam drive, dan drivenya pun terbaca 0 bytes pada propertisnya, dakah solusi untuk menon aktifkan bitlockernya.

muhtar udin said...

@fallasky Hirarky mengatakan...

Assalammuallaikum



....................
bitlocker bagiku sangat privasi. install ulang yang c saja.
maaf ini jalan terakhir