Petunjuk Maktabah Syamilah

Halaman ini berisi petunjuk pengoperasian dasar Maktabah Syamilah/Shamela library/Maktabah Shamela Versi 3.
Sebelumnya, karena Maktabah Syamilah merupakan software yang sepenuhnya menggunakan bahasa Arab, maka saya asumsikan bahwa penggunanya adalah orang yang mempunyai kemampuan bahasa Arab dengan cukup baik. Karena itu, petunjuk yang akan saya sediakan di sini bukanlah petunjuk yang 100% lengkap, melainkan cukup dasar pengoperasiannya saja hingga batas yang dirasa cukup untuk melakukan tugas-tugas penting dengan Aplikasi Maktabah Syamilah. Sisanya silakan baca sendiri panduannya.
Berikut ini adalah tampilan awal Maktabah Syamilah:
Berikut ini adalah keterangan masing-masing tombol yang terdapat dalam toolbar Maktabah Syamilah tersebut. Dimulai dari paling kanan hingga ke kiri:
Membuka daftar kitab yang tersedia dalam Maktabah Syamilah Anda. Bisa juga diakses dengan cara mengklik gambar muka Maktabah Syamilah. Di bagian bawah tersedia kotak pencarian nama judul kitab.
Membuka kitab dalam versi penuh. Sebuah kitab biasanya ditampilkan dalam versi mini (muncul dalam layar yang agak sempit karena adanya menu-menu lain) tatkala ditampilkan dari menu hasil pencarian atau kitab tafsir yang ditampilkan dari pilihan ayat al-Qur’an. Ketika itu terjadi, tombol ini dapat membuat kitab tersebut ditampilkan dalam versi penuh seolah dibuka dari daftar kitab secara langsung.
Membuka dan menutup daftar indeks sebuah kitab yang sedang dibuka.
Menutup sebuah kitab/layar yang aktif.
Melakukan pencarian kata tertentu dari halaman yang sedang aktif/terbuka.
Pencarian kata tertentu dalam al-Qur’an (Caranya akan dibahas di bawah).
Catatan: Bila tombol ini ditekan ketika sebuah kitab sedang terbuka, maka akan berubah menjadi panel pencarian kata dalam kitab yang aktif tersebut. Saya tidak menyarankan untuk mencari kata dari suatu kitab dengan tombol ini karena hasil pencarian tidak akan tampil dalam daftar, melainkan dikunjungi satu-persatu hingga tidak efisien.
Pencarian kata kunci tertentu dari koleksi kitab Maktabah Syamilah (Caranya akan dibahas di bawah).
Membuka hasil pencarian terakhir. Bila sebelumnya anda melakukan pencarian kata kunci tertentu, maka tombol ini berfungsi menampilkan hasil pencarian tersebut tatkala Maktabah Syamilah dihidupkan ulang.
Menampilkan daftar hasil pencarian yang tersimpan.
Navigasi halaman. Dari kanan ke kiri adalah: halaman pertama, halaman berikutnya, halaman sebelumnya, halaman terakhir.
Membuka panel al-Qur’an. Dari panel tersebut anda dapat membaca al-Qur’an pada bagian yang anda inginkan. Di panel bagian atas terdapat daftar kitab tafsir yang terinstal dalam koleksi Maktabah Syamilah anda. Ketika membuka suatu ayat tertentu kemudian salah satu judul kitab tafsir tersebut diklik, maka akan tampil tafsir ayat yang dimaksud dalam tafsir tersebut dalam versi tampilan mini.
Menampilkan takhrij hadith. Hanya berlaku bagi kitab yang didownload dari situs resminya dan telah di link ke kitab syarahnya.
Menampilkan versi pdf dari kitab yang sedang dibuka. Hanya berlaku bagi kitab yang didownload dari situs resminya dan telah di link ke file versi pdf-nya.
Membuka panel profil. Bila anda memblok suatu nama yang ada dalam sanad hadith kemudian anda mengklik tombol ini, maka akan muncul profil nama tersebut dengan lengkap beserta komentar para ahli takhrij tentangnya.
Impor kitab ke dalam koleksi Maktabah Syamilah. Digunakan untuk mengintegrasikan kitab baru yang didapat dari teman atau didownload dari internet ke dalam Maktabah Syamilah. (Caranya dijelaskan di bawah).
Menulis tahrir (koreksi).
Membuka panel Ghurfat al-Tahakkum yang memungkinkan anda mengatur konten Maktabah Syamilah, semisal menghapus kitab, merubah kategori dan pengaturan lain-lain.
Membuka panel pengarang. Untuk mengakses data para penulis kitab yang ada dalam koleksi Maktabah Syamilah.
Copy dan Paste. Untuk mengcopy teks tertentu, gunakan tombol ini agar rujukannya disertakan dalam teks yang di-copy.
Ekspor kitab. Digunakan untuk meng-ekstrak kitab yang menjadi koleksi Maktabah Syamilah ke dalam format lain untuk dibagikan atau dicetak. Format yang didukung antara lain: .bok, .txt, .doc dan .pdf. (Caranya dijelaskan di bawah).
Kartu pustaka. Untuk menampilkan data kitab yang terpilih/terbuka yang meliputi informasi pengarang, jumlah jilid, penerbit, tahun penerbitan dan keterangan lain seperti cocok tidaknya kitab tersebut dengan versi aslinya/versi cetaknya. Informasi seperti ini penting bagi anda yang berniat menjadikan Maktabah Syamilah sebagai referensi karya ilmiah. Untuk standart ilmiah, sebaiknya pilih kitab yang penyusunan halamannya sesuai dengan versi cetak (muwafiq lil mathbu‘).
Live update. Digunakan untuk mengupdate koleksi kitab Maktabah Syamilah dari situs resminya. Vitur ini hanya tersedia di versi 3 yang terkoneksi dengan internet. Ketika diaktifkan, akan muncul pilihan kitab-kitab baru yang belum ada dalam koleksi Anda. Tandai/centang kitab yang hendak didownload.
Ket: Bila ada kitab yang tidak dicentang/tidak mau didownload, maka akan muncul pertanyaan yang kurang lebih isinya: “Anda memutuskan untuk tidak memilih beberapa kitab, apakah anda akan memasukkan kitab tersebut ke dalam daftar kitab yang diabaikan?” Tekan Na’am bila anda tidak mau memunculkan kitab yang diabaikan itu dalam daftar update berikutnya dan tekan La bila anda masih berniat mendownload kitab tersebut di waktu mendatang.
Setting Maktabah Syamilah. Berisi berbagai pengaturan seperti pemilihan font, warna font, warna layar, gambar latar belakang dan lain-lain.
BEBERAPA PETUNJUK PENGOPERASIAN PENTING
Cara melakukan pencarian ayat:
Klik tombol pencarian ayat lalu akan muncul panel seperti berikut:

Tulis kata kunci yang hendak dicari dalam kotak yang tersedia. Kelima kotak tersebut berfungsi sebagai pilihan kata kunci. Dalam mode pencarian “و ” yang artinya “dan” berarti cari kata/kalimat dalam kotak pertama dan kotak kedua dan seterusnya. Contoh: Bila hendak mencari ayat yang berisi kata “Allah” dan “Sami’an”, maka kotak pertama diisi dengan kata “Allah” dan kotak kedua dengan kata “Sami’an”. Dalam mode pencarian “او ” yang artinya “atau” berarti cari kata/kalimat yang terdapat dalam kotak pertama atau kotak kedua dan seterusnya.
Untuk melakukan pencarian, klik tombol بحث /cari.
Cara melakukan pencarian kata kunci tertentu dalam koleksi Maktabah Syamilah.
Ini adalah keuntungan paling besar dari memiliki Maktabah Syamilah, yaitu kemampuannya untuk mencari kata kunci tertentu seperti di Google guna menemukan teks kitab yang membahas kata kunci tersebut. Berbagai masalah rumit yang biasanya butuh dilacak berhari-hari bahkan berbulan-bulan dengan cara manual dapat dilakukan dalam hitungan menit karena referensi pembahasan yang diinginkan cepat didapat. Caranya sebagai berikut:
Pertama, klik tombol بحث /cari dari toolbar seperti yang dijelaskan di bagian atas. Lalu akan tampil panel pencarian seperti berikut:

Langkah kedua adalah penulisan kata kunci. Caranya sama persis dengan pencarian pencarian ayat.
Selanjutnya pilih kategori kitab pencarian di bagian tengah. Biasanya tidak diperlukan mencari text di seluruh Maktabah Syamilah karena selain memakan waktu, juga percuma karena tidak akan nyambung. Jadi, bila anda hendak mencari keterangan di bidang hadith, maka cukup melakukan pencarian di kategori hadith (Kutub al-Mutun) dan Syuruh al-hadith saja atau kategori lain yang dirasa pas, tidak seluruh kategori.
Selanjutnya pilih judul kitabnya yang menurut anda memuat kata kunci tersebut.
Perhatikan masing-masing keterangan yang ada di gambar tersebut di atas. Apabila sudah siap semua barulah tekan tombol بحث / cari untuk memulai pencarian. Hasil pencarian akan muncul pada jendela pencarian dalam versi tampilan mini.
Cara melakukan Impor Kitab mengintegrasikan sebuah kitab ke dalam Maktabah Syamilah.
Bila anda punya kitab baru yang didapat dari teman atau dari internet, maka mungkin anda tertarik untuk mengintegrasikan kitab baru tersebut ke dalam koleksi Maktabah Syamilah agar lebih mudah digunakan. Kitab yang berbentuk e-book biasanya berupa file yang bereksistensi .bok, tapi anda juga dapat mengintegrasikan file bereksistensi .doc atau .txt hanya saja biasanya penyusunannya agak kurang enak dibaca. File-file e-book kitab .bok tersedia cukup banyak di internet. Bagi yang belum tahu lokasinya silakan baca ini dan kunjungi pula kitab-kitab yang saya sarankan untuk dikoleksi di sini.
Cara melakukan impor adalah dengan mengklik tombol impor kitab seperti yang telah dijelaskan di bagian atas. Lalu akan tampil tampilan seperti ini:

Perhatikan keterangan yang ada dalam gambar tersebut. Seret kitab yang akan ditambahkan ke panel bagian bawah dan tentukan kategori peletakannya dalam Maktabah Syamilah. Setelah semua siap, klik Impor.
Cara melakukan ekspor kitab.
Bila hendak membagikan sebuah kitab pada orang lain, atau hendak membawa versi portablenya karena membawa seluruh Maktabah cukup memakai ruang penyimpanan atau hendak mencetak kitab tertentu, maka anda harus mengekspor kitab tersebut lebih dahulu. Caranya klik tombol ekspor kitab (seperti yang dijelaskan di bagian atas) lalu akan muncul tampilan seperti ini:

Perhatikan keterangan dalam gambar di atas. Pindahkan kitab yang ada di bagian kanan ke bagian kiri. Di bagian atas panel terdapat tiga pilihan yang masing-masing dari kanan ke kiri adalah: Pilih Kitab yang akan diekspor (seperti dalam gambar) dan di bagian tengah adalah pilihan untuk menentukan lokasi ekspor. Di bagian paling kiri adalah opsi ekspor yang memungkinkan anda untuk mengubah setting default ekspor.
Ketika semua siap, tekan tombol Ekspor. Kitab-kitab yang ada di bagian kiri (bagian daftar ekspor) akan diekspor dalam beberapa format.
Saya cukupkan petunjuk pengoperasian Maktabah Syamilah sampai di sini saja. Sisanya dapat anda baca sendiri manualnya di bagian مساعدة/help atau ajukan pertanyaan pada saya via komentar. Insya Allah akan saya jawab.
Semoga bermanfaat.
copy dari sumber; situswahab wordpress