Sebab Dan Cara Mengatasi Mobil Mati

A.      Cek kondisi Suplay bahan bakar.
    Cek Bahan bakar, masih ada atau sudah habis. kalau habis atasi dengan mengisi bahan bakar segera.
    Cek Membran. Membran berfungsi sebagai pompa bahan bakar, agar bahan bakar bisa sampai kekarburator. cara menceknya, lepas selang di karburator yang tersambung ke membran, kemudian coba di starter, jika bensin keluar deras maka membran normal, jika tidak maka membran harus di ganti, atau..
    Cek Filter bahan bakar. Jika filter bahan bakar kotor maka harus diganti, terkadang membran tidak bisa memompa bahan bakar dengan deras bisa di sebabkan filter yang kotor atau tersumbat. Jadi sebelum mengganti membran ada baiknya anda cek dulu kondisi filter bahan bakarnya.
    Cek karburator, Karburator berfungsi untuk mensuplay bahan bakar ke ruang pembakaran, jika suplay bahan bakar tidak lancar maka tidak ada pembakaran, itu berarti mobil tidak bisa di hidupkan. Misalkan masalah yang sering di sebabkan karburator adalah suplay bahan bakar terlalu banyak, sehingga bahan bakar membasahi busi. Jika busi basah karena bahan bakar maka busi tidak bisa menghasilkan api. untuk mengatasinya, anda buka semua busi dan keringkan. kemudian buka karburator, atur kemiringan pelampung agar tidak terlalu miring.

Jika empat bagian suplay bahan bakar di atas sudah di cek dan tidak ada masalah maka anda cek pada kondisi pengapian berikut :
B.       Cek kondisi pengapian.
    Cek Aki atau Accu, masih ada strum atau sudah habis, jika strum aki sudah habis, bisa anda atasi dengan mendorong mobil, atau anda coba dengan langsung menghubungkan kabel positif ke dinamo starter.
    Cek Alternator. Alternator adalah dinamo yang menghasilkan listrik untuk mengisi atau mencharger aki mobil. Jika alternator mati maka mobil hanya hidup melalui api yang di hasilkan dari aliran listrik aki. Jika strum aki habis maka mobil juga akan mati. adapun cara mengecek alternator mati atau rusak dengan cara hidupkan mobil kemudian lepaskan semua kabel positif di aki, jika mobil masih hidup berarti alternator masih menghasilkan listrik, tetapi jika mobil mati maka alternator sudah tidak menghasilkan listrik lagi. Untuk mengatasi alternator mati, anda bisa ganti komponen di dalamnya atau ganti dengan alternator yang baru.
    Cek platina atau CDI, Platina dan CDI fungsinya untuk mengatur waktu pembakaran, jika tidak ada api yang keluar dari platina maka mobil tidak akan hidup. untuk itu anda ganti dengan platina baru atau CDI baru. atau...
    Cek Koil, jika koil tidak mengeluarkan api maka platina juga tidak akan memercikan api. cara mencek api koil, lepaskan kabel di kepala delco yang terhubung dengan koil, arahkan ujung kabel yang di lepaskan tadi ke body mobil atau ke body mesin, kemudian coba di starter. Jika tidak ada api yang keluar maka cek kabel, apakah kotor atau tidak. atau anda ganti dengan kabel baru. jika masih tidak keluar api dari koil, ada kemungkinan koilnya sudah harus di ganti.
    Cek busi, Jika semua komponen di atas baik-baik saja maka anda cek kondisi busi, apakah masih hidup atau tidak. caranya lepas busi dari mesin kemudian pasang kabel busi, kemudian coba di starter, jika busi mengeuarkan api maka busi masih hidup, jika tidak maka busi harus di ganti.

Jika lima komponen untuk mengecek kondisi pengapian di atas sudah anda lakukan dan ternyata masih bekerja dengan normal. maka ada kemungkinan ada yang salah pada pengaturan timing belt atau kamrat yang ada pada mesin mobil. kondisi ini jika anda sebelumnya sudah pernah membuka mesin atau menurunkan mesin sendiri. tetapi jika sebelumnya belum pernah buka mesin dan sebelumnya masih berjalan lancar, kemudian tiba-tiba mobil tidak mau hidup, ada baiknya anda cek ulang kedua kondisi di atas. Sekian ilmu otomotif yang admin getect ketahui, semoga artikel "sebab dan cara mengatasi mobil mati" dapat bermanfaat buat semuanya.

http://getect.blogspot.com/2013/01/sebab-dan-cara-mengatasi-mobil-mati.html