Tips Trick Spooring Sendiri Pakai Benang

Spooring atau istilah kerennya Wheel alignment adalah mengembalikan sudut geometri roda yang dianjurkan oleh pabrikan , yang intinya bertujuan untuk menyelaraskan gerak dan posisi dari roda kiri dan kanan agar seimbang.

Untuk mendapatkan keselaran tersebut sebaiknya kita membawa mobil ke bengkel yang menyediakan jasa Spooring Balancing.
Wheel alignment / Spooring yang dilakukan di bengkel
Tapi tidak jarang kita jumpai pengerjaan spooring yang asal – asalan. Hingga membuat mobil malah jadi gak enak dikendarai setelah keluar dari bengkel. Bukannya meragukan hasil pengukuran mesin yang sangat akurat, tetapi gak jarang mekaniknya bengkel yang gak akurat. wakakakak. Tapi gak ada salahnya kalau kita bisa melakukannya sendiri, selain mengirit juga akan berguna untuk keadaan darurat.


Oleh karena itu tidak ada salahnya bila kita mengetahui bebrapa trick untuk melakukan spooring sendiri dengan cara sederhana, hal ini terkadang justru mendapatkan hasil yang afdol. Karena penyetelan kita lakukan sendiri dengan mengandalkan trial error. Maksud saya , kita setel terus dicoba kalo kurang pas setel lagi.

Seperti yang sempat terjadi pada saya, pas saya baru beli mobil kijang second rasanya mobil melenceng terus kekiri, saran beberapa temen untuk dibawa kengkel untuk spooring, jauh – jauh ku bawa mobil untuk spooring ke bengkel yang di recom sama temen2, hasil saat pulang mobil bukannya bener malah jadi gak enak dikendarai. Solusinya iseng2 aku spooring sendiri pakek benang dan hasilnya yahut.

Disini ada 2 trik spooring sederhana :

    pakek meteran
    pakek benang


1.      PAKAI METERAN
carilah jalan rata, Jalankan mobil lurus sepanjang 3 meter, tarik rem tangan (hand brake). Biar semua roda lurus. Tarik meteran, ukur jarak dari ujung ke ujung ban depan kiri dan Kanan, Selanjutnya, ukur ban depan pada bagian belakangnya, pastikan ukurannya sama ( hampir sama dengan limit 1 – 5 mili). Untuk mengaturnya Kendurkan mur tie rod dan setel tie rod dengan cara memutar Tie rod disetel sampai ukuran ban depan sisi luar membentuk kuncup dengan batas (limit) antara 1 s/d 5 milimeter maksimal.
cara mengukur roda depan dengan meteran
cara menyetel as long tie rod

2.      PAKAI BENANG
Seperti pada cara pertama penyetelan harus dilakukan pada tempat yang rata.
Langkah pertama, bagi rata putaran setir ke kiri dan ke kanan. Setelah putaran terbagi rata, biasanya tali diikatkan pada bagian belakang mobil atau bisa juga menggunakan jack stand. Kemudian tarik benang dari belakang kedepan dengan bagian belakang menyentuh bibir belakang ban belakang. Jika benang dapat rata sisi belakang dan depan roda depan maka kondisi roda anda dalam keadaan bagus, namun jika tidak, maka perlu dilakukan penyetelan. Perkirakan jarak selisih benang dengan roda, kemudian lakukan penyetelan pada as long tie rod, lakukan dengan hati2 sedikit putaran memberikan pengaruh yang cukup besar pada pergesaran roda. Setelah benang dapat rata sisi belakang dan depan roda bagian depan, Anda bisa lanjutkan pada sisi ban lainnya.
Cara Spooring menggunakan Benang
Untuk mendapat hasil maksimal anda perlu melakukan trial error. Maksudnya test jalankan mobil bila kurang pas lakukan penyetelan lagi..

Selamat mencoba
http://aneka-tips-kita.blogspot.com/2011/08/tips-trick-spooring-sendiri.html