A.
Cek kondisi Suplay bahan
bakar.
Cek Bahan bakar, masih ada atau sudah
habis. kalau habis atasi dengan mengisi bahan bakar segera.
Cek Membran. Membran berfungsi sebagai
pompa bahan bakar, agar bahan bakar bisa sampai kekarburator. cara menceknya,
lepas selang di karburator yang tersambung ke membran, kemudian coba di
starter, jika bensin keluar deras maka membran normal, jika tidak maka membran
harus di ganti, atau..
Cek Filter bahan bakar. Jika filter bahan
bakar kotor maka harus diganti, terkadang membran tidak bisa memompa bahan
bakar dengan deras bisa di sebabkan filter yang kotor atau tersumbat. Jadi
sebelum mengganti membran ada baiknya anda cek dulu kondisi filter bahan
bakarnya.
Cek karburator, Karburator berfungsi untuk
mensuplay bahan bakar ke ruang pembakaran, jika suplay bahan bakar tidak lancar
maka tidak ada pembakaran, itu berarti mobil tidak bisa di hidupkan. Misalkan
masalah yang sering di sebabkan karburator adalah suplay bahan bakar terlalu
banyak, sehingga bahan bakar membasahi busi. Jika busi basah karena bahan bakar
maka busi tidak bisa menghasilkan api. untuk mengatasinya, anda buka semua busi
dan keringkan. kemudian buka karburator, atur kemiringan pelampung agar tidak
terlalu miring.
Jika empat
bagian suplay bahan bakar di atas sudah di cek dan tidak ada masalah maka anda
cek pada kondisi pengapian berikut :
B. Cek kondisi pengapian.
Cek Aki atau Accu, masih ada strum atau
sudah habis, jika strum aki sudah habis, bisa anda atasi dengan mendorong
mobil, atau anda coba dengan langsung menghubungkan kabel positif ke dinamo
starter.
Cek Alternator. Alternator adalah dinamo
yang menghasilkan listrik untuk mengisi atau mencharger aki mobil. Jika
alternator mati maka mobil hanya hidup melalui api yang di hasilkan dari aliran
listrik aki. Jika strum aki habis maka mobil juga akan mati. adapun cara
mengecek alternator mati atau rusak dengan cara hidupkan mobil kemudian
lepaskan semua kabel positif di aki, jika mobil masih hidup berarti alternator
masih menghasilkan listrik, tetapi jika mobil mati maka alternator sudah tidak
menghasilkan listrik lagi. Untuk mengatasi alternator mati, anda bisa ganti
komponen di dalamnya atau ganti dengan alternator yang baru.
Cek platina atau CDI, Platina dan CDI
fungsinya untuk mengatur waktu pembakaran, jika tidak ada api yang keluar dari
platina maka mobil tidak akan hidup. untuk itu anda ganti dengan platina baru
atau CDI baru. atau...
Cek Koil, jika koil tidak mengeluarkan api
maka platina juga tidak akan memercikan api. cara mencek api koil, lepaskan
kabel di kepala delco yang terhubung dengan koil, arahkan ujung kabel yang di
lepaskan tadi ke body mobil atau ke body mesin, kemudian coba di starter. Jika
tidak ada api yang keluar maka cek kabel, apakah kotor atau tidak. atau anda
ganti dengan kabel baru. jika masih tidak keluar api dari koil, ada kemungkinan
koilnya sudah harus di ganti.
Cek busi, Jika semua komponen di atas
baik-baik saja maka anda cek kondisi busi, apakah masih hidup atau tidak.
caranya lepas busi dari mesin kemudian pasang kabel busi, kemudian coba di
starter, jika busi mengeuarkan api maka busi masih hidup, jika tidak maka busi
harus di ganti.
Jika lima
komponen untuk mengecek kondisi pengapian di atas sudah anda lakukan dan
ternyata masih bekerja dengan normal. maka ada kemungkinan ada yang salah pada
pengaturan timing belt atau kamrat yang ada pada mesin mobil. kondisi ini jika
anda sebelumnya sudah pernah membuka mesin atau menurunkan mesin sendiri.
tetapi jika sebelumnya belum pernah buka mesin dan sebelumnya masih berjalan
lancar, kemudian tiba-tiba mobil tidak mau hidup, ada baiknya anda cek ulang
kedua kondisi di atas. Sekian ilmu otomotif yang admin getect ketahui, semoga
artikel "sebab dan cara mengatasi mobil mati" dapat bermanfaat buat
semuanya.
http://getect.blogspot.com/2013/01/sebab-dan-cara-mengatasi-mobil-mati.html
Artikel Terkait
Posted by 09:31 and have
0
komentar
, Published at
No comments:
Post a Comment