Simpan Data Online; Window live Essensial; Skydrive

Simpan Data Online; Window live Essensial; Skydrive. Microsoft memiliki suatu cara yang sangat mudah untuk berkolaborasi dengan gratis. Salah satunya adalah menggunakan Windows Live Mesh, suatu aplikasi yang tersedia secara gratis dari Windows Live Essentials 2011.
Live Mesh merupakan cara berbagi file menggunakan cara sinkronisasi otomatis melalui cloud (awan). Live Mesh akan melakukan sinkronisasi terhadap folder yang didaftarkan dari suatu komputer ke folder di awan, dan juga folder di komputer milik orang-orang lain (saat ini sampai 9 user id teman bisa didaftarkan).
Penggunaan Windows Live Mesh sangat mudah. Pertama-tama kita harus melakukan instalasi aplikasi Live Mesh, kemudian kita pilih folder mana yang akan di synch, kemudian pilih teman-teman kita yang akan diundang untuk berkolaborasi. Syaratnya, semua individu yang ingin berkolaborasi memiliki email.
1. Download Windows Live Mesh
Download Windows Live 2011 installer dari sini : http://explore.live.com/windows-live-essentials?os=other

image
Pilih “choose the program you want to install” , kemudian pilih “Windows Live Mesh”. Setelah terinstall kita akan dapatkan Windows Live Mesh ada pada pilihan aplikasi di Windows :
image
Klik pada icon tersebut, kemudian Windows Live Mesh akan hidup di background seperti ini :
image
2. Pilih Folder
Dan kita bisa double click pada icon tersebut untuk sign in, kemudian memilih folder mana yang ingin dishare :

image

Kemudian kita bisa memilih akan di sync ke mana, di sini saya pilih sync ke SkyDrive :
image
3. Pilih Teman
Hasil pertama kali adalah, folder hanya akan dishare ke saya sendiri :
image
Tapi hal ini bisa diubah, saya bisa share ke teman-teman saya melalui email sampai ke 9 orang teman saya Smile (tips : jika anda sudah punya contact list, silahkan pilih dari “select from your contact list”)
image

Nah untuk selanjutnya, silahkan masukkan file-file yang ingin disinkronisasikan ke dalam folder yang kita share (di sini contohnya adalah di c:\mydata\shared). Semua file-file ini akan otomatis terupdate ke seluruh jaringan teman-teman kita tadi.
Selamat mencoba !
copy paste : Tnony Seno