Aplikasi Al-Quran Untuk Microsoft Word Ver. 1.3

Aplikasi AlQuran Untuk Microsoft Word Ver. 1.3.Menjelang Ramadhan tahun ini, saya ingin berbagi artikel yang mungkin sudah banyak tersebar di internet, namun tidak ada salahnya berbagi dan saling mengingati. Program ini akan menambahkan menu baru "Al-Quran" pada aplikasi microsoft word sobat. Sobat dapat menyisipkan ayat dari quran atau terjemahan untuk dokumen sobat dengan mudah. Ini merupakan salah satu aplikasi Add-Ins yang ada pada microsoft word, untuk Aplikasi AlQuran Ver. 1.3 ini telah support dengan Office 2007, jadi sobat tidak perlu khawatir lagi.


Aplikasi AlQuran Untuk Microsoft Word Ver. 1.3Aplikasi Al-Quran Untuk Microsoft Word Ver. 1.3

Add Ins AlQuran untuk Ms-Word Ver. 1.3 disusun oleh Mohamad Taufiq dari Depok Indonesia dan bersifat freeware dengan ukuran yang sangat kecil namun manfaatnya sangat besar. Dengan Add Ins AlQuran untuk Ms-Word Ver. 1.3, kita dapat menyalin ayat-ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word dengan tampilan ayat menggunakan Rasm 'Utsmany dan sistem tanda baca yang sesuai dengan Mushhaf Al-Madinah Al-Nabawiyah.

Penggunaan software ini cukup mudah dan simple, Aplikasi Al-Quran Untuk Ms-Word ver 1.3 ini dapat berjalan di Ms-Word 2000, Ms-Word XP (2002), Ms-Word 2003, dan Ms-Word 2007 namun kita yang mempunyai Ms-Word 1997 harus menahan kecewa. Untuk mendownload Aplikasi ini, silahkan klik gambar dibawah ini.

Aplikasi AlQuran Untuk Microsoft Word Ver. 1.3


Berikut beberapa keistimewaan utama yang ada pada Add-Ins AlQuran untuk Ms-Word Ver. 1.3:
  1. Di samping dapat digunakan untuk menyalin ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word dengan Rasm Utsmany, sistem tanda baca yang sesuai dengan Mushhaf Al-Madinah Al-Nabawiyah dan bentuk huruf yang hampir mirip dengan Mushhaf Al-Madinah Al-Nabawiyah juga dapat digunakan untuk menyalin ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word dengan Font Arab (Unicode) biasa.
  2. Menyalin terjemahan ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word hingga 10 bahasa, yaitu: Indonesia, Inggris (dua versi terjemahan: Yusuf Ali dan Muhsin Khan), Malaysia, Jerman, Bosnia, Spanyol, Perancis, Albania, Rusia dan Persia.
  3. Menyalin ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word dengan berbagai pilihan tampilan yang diinginkan, seperti:
    • penyalinan ayat Al-Qur’an, terjemah ayat Al-Qur’an, atau keduanya sekaligus.
    • tampilan antar ayat Al-Qur’an bersambung terus atau berganti baris setiap berganti ayat Al-Qur’an.
    • tampilan ayat-ayat Al-Qur’an hingga selesai lalu terjemahnya atau setiap ayat Al-Qur’an langsung diikuti terjemahnya.
    • ukuran font dapat diubah sesuai kebutuhan dan dapat diwarnai perhuruf dan perharakat.
  4. Fasilitas Auto Replace Menu, yaitu dengan mengaktifkan menu Auto Replace terlebih dahulu. Setelah itu setiap kali akan menyalin ayat Al-Qur’an cukup dengan menulis di Microsoft Word tanda [ lalu QS atau qs, nomor surat, titik dua, nomor ayat dan tanda ] (misal: [qs 2:2-5] untuk menyalin Surat Al Baqarah ayat 2-5).
  5. dan sebagainya.
Singkat kata, Add-Ins AlQuran Untuk MS-Word Ver. 1.3 merupakan software yang sangat ringan, sangat mudah dipergunakan namun menfaatnya sangat besar. Semoga penyusunnya senantiasa diberi balasan kebaikan, rahmah, hidayah dan maghfirah dari Allah SWT.

http://www.wakrizki.net