Cara Menuliskan Urutan Abjad Secara Otomatis

Untuk membuat angka urut mulai 1 sampe n, excel sudah menyediakan fasilitasnya. Misal kita tulis 1 di A1 dan 2 di A2, maka kalau A1 dan A2 di blok, lalu diseret ke bawah, akan memunculkan angka urut.
Bagaimana dengan Abjad? Adakah fasilitasnya? 
Ada, tapi kita sendiri yang harus membuatnya, dengan memanfaatkan fungsi CHAR
Fungsi CHAR digunakan untuk menampilkan karakter dari sebuah kode. Contoh: =CHAR(66) akan menghasilkan huruf B.
Selain itu, kita menggunakan fungsi ROW. Contoh =ROW(A1)  akan menghasilkan 1 (nomer baris dari sel A1. Sementara =ROW() akan menghasilkan nomor baris dari sel yang sedang aktif,


Sehingga untuk meghasilkan huruf A, di sel A1 kita tuliskan rumus: = CHAR(64+ROW())
Untuk menghasilkan huruf A di sel B10: = CHAR(55+ROW())


Kalau mau menuliskan huruf A sampai Z, di sel A1 sampai A26, kita tulis rumus di A1: = CHAR(64+ROW())


Untuk menuliskan huruf a sampai z, di sel B1 sampai B26, kita tulis : =CHAR(96+ROW())

http://excelheru.blogspot.com/2011/12/menuliskan-urutan-abjad-secara-otomatis.html