Install Maktabah Syamilah المكتبة الشاملة [No CD - DVD]

Bagi Anda yang senang mempelajari kitab-kitab berbahasa Arab, kini (sudah lama sich) ada software khusus untuk membaca berbagai macam kitab berbahasa Arab dan tentunya disediakan juga file-file kitabnya. Software ini bernama Maktabah Syamilah (المكتبة الشاملة). Biasanya kita menjumpai pendistribusian software ini melalui media CD atau DVD harus kita install bersamaan dengan library yang berisi kitab-kitab yang begitu banyak tanpa kita bisa memilihnya. Sehingga setelah proses instalasi akan mengalokasikan space harddisk sampai 15 Gb dan kalau di-update bisa bertambah space yang terpakai.
Namun ternyata dari pihak software developer sudah menyediakan fasilitas download software secara terpisah dengan library yang berisi kitab-kitabnya. Artinya kita bisa memilih kitab mana saja yang akan kita install untuk bisa dibaca dalam Maktabah Syamilah. Hal ini sangat menguntungkan (terutama bagi penulis pribadi) bagi Anda yang mempunyai space harddisk yang terbatas (semisal ane, cma 40 Gb :( ), juga yang memiliki keterbatasan dana untuk membeli CD atau DVD installernya.
Untuk memulai instalasi, hal-hal yang akan kita lakukan adalah:
  1. Bismillah,
  2. Download software Maktabah Syamilah (المكتبة الشاملة) di sini.
  3. Sekalian saja, download kitab-kitab yang Anda butuhkan pada website yang sama, http://www.shamela.ws/. Kalau ane pilih kitab-kitab induk seperti tafsir Al Quran, kitab-kitab hadist, Aqidah, dll.
  4. Ekstrak file hasil download (e-shamela.rar) kemudian install seperti biasanya.
  5. Setelah itu, coba jalankan Maktabah Syamilah melalui shortcut yang ada di desktop. Kalau bahasa menu yang tampil adalah bahasa yang tidak dikenali, maka diperlukan settingan bahasa pada control panel diganti dari English ke Arabic. Kalau bahasa menu sudah menggunakan bahasa Arab, berarti settingan bahasa pada komputer Anda sudah benar.
  6. Setelah program berjalan dengan baik, selanjutnya kita install kitab-kitab yang sudah di-download namun sebelumnya harus Anda ekstrak terlebih dahulu.
  7. Caranya adalah masuk ke menu شاشات yang artinya layar, kemudian pilih sub-menu seperti gambar di bawah, atau cukup tekan ctrl + I
    sehingga tampil layar seperti ini.
  8. Kemudian browse tempat Anda meletakkan file kitab-kitab hasil download. Jangan lupa untuk mengekstraknya terlebih dulu, biasanya Anda akan mendapatkan dua file berekstensi *.htm dan file berekstensi *.bok.
  9. Setelah itu, drag (klik dan geser) file kitab yang berekstensi *.bok ke sub layar bagian bawah.
  10. Kemudian tentukan kategori yang sesuai dari kitab yang akan Anda install, karena Maktabah Syamilah telah menyediakan kategori-kategori untuk masing-masing kitab.
  11. Kemudian klik tombol install yang mempunyai icon bergambar petir.
  12. Setelah instalasi berhasil, Anda akan menemukan kitab dalam daftar kitab.
  13. Alhamdulillah.
Semoga bermanfaat.